Bacaan Sesudah Sholat Dhuha

Bacaan Sesudah Sholat Dhuha – Halo Sahabat Arkana, dalam kesempatan kali ini kami ingin berbagi informasi mengenai bacaan sesudah Sholat Dhuha. Seperti yang kita ketahui, Sholat Dhuha adalah ibadah sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat muslim. Setelah melaksanakan sholat ini, kita juga dapat membaca bacaan-bacaan pendek yang dianjurkan. Melalui artikel ini, kami mengajak Sahabat Arkana untuk membaca sampai selesai dan memahami bacaan-bacaan tersebut agar kita dapat menjalankan ibadah ini dengan lebih khusyuk dan mendapatkan berkah-Nya.

Bacaan Sesudah Sholat Dhuha yang Membuat Hati Tenang

1. Tahmid

Setelah selesai melaksanakan sholat Dhuha, sebaiknya memulai dengan membaca bacaan tahmid, yaitu mengucapkan “Alhamdulillah” sebanyak tiga kali. Dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah, hati kita akan merasa tenang dan damai.

2. Sholawat Nabi Muhammad SAW

Selanjutnya, kita bisa membaca sholawat Nabi Muhammad SAW. Salah satu bentuk sholawat yang dapat kita baca adalah “Allahumma sholli ‘ala Muhammadin wa’ala ali Muhammadin”. Dengan membaca sholawat, kita akan mendapatkan keberkahan dan kecintaan dari Allah.

3. Doa Pilihan

Setelah membaca sholawat, kita bisa melanjutkan dengan membaca doa-doa pilihan. Doa ini bisa berupa doa perlindungan, doa permohonan ampunan, atau doa lainnya sesuai dengan kebutuhan kita. Dengan berdoa, kita akan merasa lega dan yakin bahwa Allah akan menolong kita dalam setiap urusan kita.

4. Doa Istighfar

Salah satu bacaan yang juga dapat kita ucapkan setelah sholat Dhuha adalah doa istighfar, yaitu memohon ampunan kepada Allah. Kita dapat mengucapkan “Astaghfirullahal’azim alladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyum wa atubu ilaih” sebanyak tiga kali atau sesuai keinginan kita. Dengan memohon ampunan, kita akan merasa lega dan damai dalam hati.

5. Doa Keselamatan dan Perlindungan

Bacaan lain yang bisa kita ucapkan adalah doa keselamatan dan perlindungan dari segala macam musibah. Salah satu doa yang sangat dianjurkan adalah doa “Allahumma inni a’udzubika min ‘adzabil qabri, wa min ‘adzabil Jahannam, wa min fitnatil mahya wal mamat, wa min fitnatil masihid dajjal”. Dengan membaca doa ini, kita akan merasa tenang dan terhindar dari segala bahaya.

6. Niat Amal Sholih

Setelah selesai membaca doa-doa, kita juga bisa membuat niat untuk melaksanakan amal sholih lainnya. Misalnya, niat untuk membaca Al-Qur’an, mengaji, bersedekah, atau beramal lainnya. Dengan niat yang baik, kita akan semakin dekat dengan Allah dan mendapatkan berkah-Nya.

7. Dzikir Pagi

Selanjutnya, kita dapat melanjutkan dengan membaca dzikir pagi. Beberapa dzikir yang dianjurkan antara lain dzikir “Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar” sebanyak 33 kali. Dzikir pagi akan membuat hati kita lebih tenang dan damai.

8. Dzikir Qalbu

Salah satu dzikir yang disarankan setelah sholat Dhuha adalah dzikir qalbu. Dzikir ini bisa dilakukan dengan membaca “La ilaha illallah” sebanyak 100 kali atau lebih sesuai keinginan kita. Dzikir qalbu akan membantu menguatkan hati dan menjauhkan kita dari godaan syaitan.

Baca juga :  Bagaimana Mengetahui Orang Asli atau Palsu Ketika Chat Kenalan di WhatsApp

9. Dzikir Sholat Hajat

Bacaan selanjutnya adalah dzikir sholat hajat. Kita bisa mengucapkan “Laa haula wa laa quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhim” sebanyak tiga kali. Dzikir ini sangat baik untuk menguatkan keyakinan kita kepada Allah dan memohon pertolongan-Nya dalam setiap urusan kita.

10. Bacaan Surat Al-Ikhlas

Salah satu surat yang dianjurkan untuk dibaca setelah sholat Dhuha adalah Surat Al-Ikhlas. Kita bisa membaca surat ini sebanyak tiga kali atau lebih. Surat Al-Ikhlas mengandung pengakuan akan keesaan Allah, dan dengan membacanya, hati kita akan semakin khusyuk dan merasa dekat dengan-Nya.

11. Bacaan Surat Al-Falaq dan An-Nas

Selain Surat Al-Ikhlas, kita juga dapat membaca Surat Al-Falaq dan An-Nas setelah sholat Dhuha. Kedua surat ini mengandung perlindungan dari gangguan dan kejahatan syaitan. Dengan membaca surat ini, kita akan merasa aman dan terhindar dari godaan syaitan.

12. Bacaan Ayat Kursi

Ayat Kursi merupakan ayat yang sangat dianjurkan untuk dibaca setelah sholat Dhuha. Kita bisa mengucapkan “Allahu laa ilaha illa Hu, Al-Hayyul Qayyum” hingga akhir ayat. Dengan membaca Ayat Kursi, kita akan merasa tenang dan dilindungi oleh Allah.

13. Tasbih

Setelah selesai membaca ayat-ayat suci, kita juga bisa mengisi waktu dengan membaca tasbih atau zikir lainnya. Misalnya, kita bisa membaca tasbih “Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar” sebanyak 33 kali atau lebih. Dengan membaca tasbih, hati kita akan semakin tenang dan khusyuk.

14. Membaca Doa Permohonan

Setelah melakukan berbagai bacaan dan dzikir, kita juga bisa membaca doa permohonan kepada Allah. Doa ini bisa berupa permohonan keselamatan, rezeki, kesehatan, atau kebahagiaan dunia dan akhirat. Dengan berdoa, kita mengakui kelemahan dan ketergantungan kita kepada Allah, dan percaya bahwa dialah satu-satunya yang mampu memenuhi segala kebutuhan kita.

15. Bersyukur dan Berdoa untuk Orang Lain

Akhir kata setelah membaca bacaan sesudah sholat Dhuha, kita perlu bersyukur kepada Allah atas semua nikmat yang telah diberikan. Selain itu, kita juga bisa mengisi waktu dengan berdoa untuk kebaikan orang lain. Dengan berbuat baik dan berdoa bagi orang lain, hati kita akan semakin damai dan terasa ringan.

Kesimpulan

Bacaan sesudah sholat Dhuha adalah salah satu sarana untuk merenungi ibadah kita dan menguatkan ikatan kita dengan Allah. Dengan membaca doa-doa, dzikir, dan ayat-ayat suci, hati kita akan merasa tenang, damai, dan dekat dengan-Nya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk meningkatkan kualitas ibadah kita. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.


Pluang Dagang Uang Digital serta Toko PPOB Di buka

Berjualan Pulsa dan Toko PPOB merupakan Dagang yang menguntungkan. Walaupun di masa endemi, kebutuhan pulsa untuk masyarakat Indonesia menjadi suatu yang pokok, seperti bayar tagihan, membeli pulsa internet, voucher online game, topup saldo E-Money juga kebutuhan lain-lain.

Semuanya boleh dikondisikan di Arkana Pulsa sebagai Berdagang pulsa paling murah yang menjanjikan. Berbisnis di Arkana Pulsa boleh dikelola oleh siapapun dengan modal kecil. Pluang masih terbuka lebar untuk membuka Menjual agen pulsa serta loket pembayaran ppob dengan Arkana Pulsa

Bagaimana Berjualan Pulsa dan Loket PPOB di Arkana Pulsa?

Dagang pulsa dan loket pembayaran ppob kami yaitu solusi Usaha bagi masyarakat Indonesia yang pingin memiliki Dagang pulsa elektronik, pulsa internet, paket sms & nelpon, Jualan isi ulang Gopay, OVO, DANA, LinkAja, Shopee, dll, Jualan voucher gaming murah dan lengkap dan voucher tv kabel pasca bayar

DAFTAR SEKARANG

Demikian Artikel update viral tentang Bacaan Sesudah Sholat Dhuha dengan tags #Bacaan #Sesudah #Sholat #Dhuha yang maybe saja tak berarti apa-apa buat Anda, Namun setidaknya dapat menambah pengetahuan buat kamu 🙂